Rabu, 24 April, 2024

Bareng Jokowi, 34 Gubernur Jalani Ritual Kendi di Lokasi IKN

MONITOR, Jakarta – Budaya ritual ternyata masih digunakan para pemimpin bangsa ini. Terbukti, Presiden Joko Widodo beserta 34 Gubernur menjalami ritual kendi di Kalimatan Timur (Kaltim) tepatnya di wilayah atau lokasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Ritual dilakukan hari ini, Senin (14/3/2022). Ritual Kendi Nusantara itu dilakukan dengan membawa tanah dan air dari seluruh provinsi. Tanah dan air itu nantinya dituangkan ke dalam sebuah wadah besar. Para gubernur akan membawa satu liter air yang berasal dari daerah masing-masing.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengungkapkan tanah dan air yang akan dibawa oleh para gubernur ke IKN Nusantara melambangkan kesatuan dan keberagaman.

“Inilah tanah, air kita. Indonesia, Tanah Air. Maka kita harus jaga Tanah Air kita. Simbolik apa yang muncul dari itu? Keberagaman,” kata Mahfud dalam keterangan resminya, Minggu (13/3/2022).

- Advertisement -

Mahfud menjelaskan dua kilogram tanah dan satu liter air yang dibawa oleh masing-masing gubernur akan dimasukkan ke dalam Kendi Nusantara. Tanah dan air itu mewakili seluruh suku dan agama di masing-masing provinsi.

“Dari Bengkulu, dari Papua Barat, dari Papua, dari Kalimantan, dari Sumatera Barat, Aceh, semua berkumpul di sana,” kata Mahfud.

Mahfud juga mengatakan prosesi ini akan menjadi cerita yang sangat menarik dalam 100 tahun mendatang.

“Bagaimana kita berupacara melalui adat, kenegaraan dan keagamaan, digabung di situ, untuk masuk ke ibu kota baru,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER