Sabtu, 27 April, 2024

Puan Maharani Ngaku Senang, UMKM Kini Kembali Bangkit

MONITOR, Jakarta – Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kini mulai bangkit selepas diterpa pandemi hampir selama dua tahun. Bahkan Ketua DPR RI Puan Maharani pun menyadari, sektor tersebut sempat terjungkal dan nyaris terancam bubar.

“Kita semua tahu persis, pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang telah menjadi tulang punggung perekonomian kita selama bertahun-tahun,” ujar Puan Maharani saat meninjau pelaku UMKM, Senin (21/2/2022).

Bangkitnya UMKM di masa pandemi ini, kata Puan, menjadi kabar bahagia dan memancing optimisme bangsa Indonesia. Legislator PDI Perjuangan ini melihat, sektor UMKM kembali bangkit dan merangkak naik.

“Rasanya senang sekaligus optimis, secara perlahan perekonomian Indonesia berjalan dan merangkak naik. Namun, upaya masyarakat ini perlu diikuti dengan dukungan pemerintah,” ujar cucu Proklamator Soekarno itu.

- Advertisement -

Dikatakan Puan, DPR RI bersama pemerintah pun telah mengalokasikan dana Program Pemulihan Ekonomi Nasional untuk tahun 2022 sebesar Rp455,62 triliun yang sebagian besar digunakan untuk mendorong agar UMKM pulih lebih cepat.

“Saya meminta pemerintah untuk segera merealisasikan program dan kebijakan yang dapat memberikan multiplier effect pada perekonomian nasional dan kesejahteraan rakyat,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER