Sabtu, 20 April, 2024

MUI Apresiasi Terbitnya SE Menag soal Aturan Pengeras Suara Masjid

MONITOR, Jakarta – Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Niam Sholeh, mengapresiasi atas terbitnya Surat Edaran Menteri Agama terkait aturan penggunaan pengeras suara di masjid dan musalah.

Menurut Niam, aturan tersebut menjadi bentuk upaya mewujudkan kemashlahatan dalam penyelenggaraan aktifitas ibadah.

“SE ini sejalan dengan Hasil Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia yang dilaksanakan pada Tahun 2021 yang lalu. Substansinya juga sudah dikomunikasikan dngan Majelis Ulama Indonesia serta didiskusikan dengan para tokoh agama,” kata Niam dalam keterangannya, Selasa (22/2/2022).

Dikatakan Niam, dalam pelaksanaan  ibadah, ada jenis ibadah yang memiliki dimensi syiar, sehingga membutuhkan media untuk penyiaran, termasuk adzan. Namun dalam pelaksanaannya perlu diatur agar berdampak baik bagi masyarakat; jamaah dapat mendengar syiar, namun tidak menimbulkan mafsadah.

- Advertisement -

Niam menambahkan, pada aturan ini harus didudukkan dalam kerangka aturan umum. Namun, dalam implementasinya, aturan ini harus memperhatkan kearifan lokal, tidak bisa digeneralisir.

“Kalau di suatu daerah, terbiasa dengan tata cara yang sudah disepakati bersama, dan itu diterima secara umum, maka itu bisa dijadikan pijakan. Jadi penerapannya tidak kaku,” tuturnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER