Kamis, 25 April, 2024

Gelar Diskusi Kebangsaan, PP Hima Persis Siap Gelar Muktamar di Banten

Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (PP. HIMA PERSIS), dalam kegiatan LAUNCHING MUKTAMAR X HIMA PERSIS pada hari Minggu, 13/02/2022, menggelar DISKUSI KEBANGSAAN bertema: “Ekonomi Bangkit, Umat Bersatu, Indonesia Maju.”

Dalam sambutan sekaligus pengantarnya, Ketua Umum Hima Persis, M. Iqbal Dzilal, menyoroti kondisi mayoritas umat Islam di Indonesia yang masih betah menjadi konsumen dan penonton dalam aktivitas ekonomi.

“Jumlah penduduk muslim yang sangat besar tak lantas menjadi market leader, tidak juga menjadi key player. Di daftar sepuluh orang terkaya di Indonesia, orang Islamnya hanya satu,” kata Dzilal.

Padahal, lanjut Dzilal, Islam mendorong umatnya agar menjadi umat terbaik atau khairu ummah, sebagaimana ditegaskan dalam al-Qur’an. Menjadi yang terbaik di segala bidang, termasuk bidang ekonomi. Dzilal kemudian mengutip Ketua MPP Ikatan Saudagar Muslim Se-Indonesia, Akbar Habibi, yang menyayangkan kontribusi umat Islam terhadap ekonomi nasional yang belum sesuai porsinya.

- Advertisement -

“Di akar rumput, masih minimnya akses umat Islam terhadap perbankan syariah, misalnya, telah membuat mereka terjerat oleh praktik lintah darat. Minimnya modal juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan para pelaku usaha ultra mikro, yang sebagian besarnya adalah umat Islam, sulit untuk berkembang dan bersaing,” ungkap Dzilal.

Menurut Dzilal, kondisi pandemi yang kini tengah melingkupi kehidupan umat manusia bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi keumatan. Dzilal mengajak para pengusaha muslim agar lebih inovatif dan kolaboratif, karena hanya dengan begitu ekonomi umat akan bangkit.

“Para pengusaha Muslim yang sudah besar mestinya berupaya untuk merangkul dan membesarkan para pengusaha yang bergerak di level ultramikro. Saling membesarkan dan saling mendukung adalah cara efektif untuk mendongkrak kekuatan ekonomi umat,” pungkas Dzilal.

Hadir dalam launching ini juga Rahmat Gobel yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI. Rahmat Gobel hadir sebagai keynote speech tentang kebangkitan ekonomi ummat.

Hadir juga Muh. Arief Rosyid, komisaris independen BSI sebagai narasumber diskusi dalam tema Ekonomi Bangkit, Ummat Bersatu, Indonesia Maju.

Turut hadir Penasihat Pimpinan Pusat Persis Prof. Dr. KH. Maman Abdurrahman yang memberikan taujih semangat kepada Hima Persis yang akan segera menyelenggarakan Muktamar.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER