Sabtu, 27 April, 2024

Prasetyo: Commitment Fee Formula E Sudah Dibayar Lewat APBD DKI

MONITOR, Jakarta – Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, mengungkapkan bahwa APBD DKI Jakarta telah keluar sebesar Rp 560 miliar untuk pembayaran commitment fee Formula E ke Formula E Operation (FEO).

Prasetyo menjelaskan, fee tersebut jumlahnya paling besar dibandingkan negara-negara lain. Dikatakan dia, penyelenggaraan Formula E di Montreal, Kanada, hanya dikenakan biaya nomination fees for the City of Montreal senilai Rp1,7 miliar dan Race fees senilai Rp17 miliar, dengan total biaya sebesar Rp18,7 miliar.

“Pertanggungjawaban pembayaran komitmen itu pun belum jelas,” kata Prasetyo Edi, Selasa (8/2/2022).

Selain itu, kata dia, fee yang dibayarkan berpotensi hanya akan digunakan untuk satu kali penyelenggaraan. Sebab, Kepala Daerah yang akan datang tidak memiliki kewajiban untuk melanjutkan program Anies.

- Advertisement -

Oleh karena itu, lanjut Pras, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga pada tanggal 15 Agustus 2019 mengirimkan laporan kepada Anies Baswedan.

Adapun salah satu isi laporan itu menyebutkan, bahwa kewajiban membayarkan commitmen fee selama 5 tahun bertentangan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah pasal 92 ayat (6) menyatakan:

“Jangka waktu penganggaran pelaksanaan kegiatan Tahun Jamak sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1) huruf b tidak melampaui akhir tahun masa jabatan Kepala Daerah berakhir, kecuali kegiatan Tahun Jamak dimaksud merupakan Prioritas Nasional dan/atau Kepentingan Strategis Nasional sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.”

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER