Selasa, 16 April, 2024

PKS Sebut Klaim BNPT soal 198 Ponpes Terafiliasi Terorisme Berbahaya

MONITOR, Jakarta – Klaim Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengenai adanya sebanyak 198 pondok pesantren (ponpes) terafiliasi terorisme berpotensi dapat menumbuhkan saling curiga. Ini disampaikan Anggota Komisi VIII DPR RI Hidayat Nur Wahid.

Hidayat menuturkan, pernyataan BNPT tersebut justru membahayakan persatuan dan kesatuan NKRI.

“Karena hal-hal seperti itu malah meresahkan dan potensial memecah belah antara komunitas masjid dan pesantren dengan TNI dan Polri, dan akan menumbuhkan saling curiga dan tidak percaya yang membahayakan persatuan dan kesatuan pejuang dan pendukung terbesar NKRI yaitu Umat Islam dan TNI dan Polri,” ujar Hidayat Nur Wahid dalam keterangannya, Selasa (1/2/2022).

Wakil Ketua MPR RI ini pun berharap mestinya semua energi untuk pemberantasan terorisme dan radikalisme sekarang ini ditujukan untuk memetakan dan mengatasi bahaya yang nyata di depan mata.

- Advertisement -

Upaya pemetaan masjid dan klaim terkait terorisme, dikatakan Hidayat, justru dapat menampakkan wajah islamofobia yang dapat menimbulkan dugaan adanya framing negatif dan ketidakadilan terhadap umat Islam.

“Jadi, sangat wajar, dan saya mendukung, sikap Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), PBNU, Muhammadiyah dan DMI (Dewan Masjid Indonesia) dan Pondok Gontor, yang secara tegas dan argumentatif mengkritisi dan menolak islamophobia dan framing yang muncul akibat opini tuduhan tanpa bukti tersebut,” tegasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER