Selasa, 25 Januari, 2022

Manager Proyek Janjikan Stadion JIS Bakal Diresmikan Maret

MONITOR, Jakarta – Warga Jakarta sebentar lagi bisa menikmati dan merasakan kemegahan Jakarta Internasional Stadium (JIS). Pasalnya, Manajemen Proyek JIS, Arry Wibowo sesumbar kalau proyek pembangunan. stadion bertaraf dunia tersebut bakal rampung dan terbuka untuk umum bulan Maret mendatang.

Arry mengatakan, memasuki pekan ke-123, progres pembangunan JIS sudah mencapai 93,85 persen. Sisa 6 persen menyisakan pekerjaan pada area interior dan pemasangan atap buka tutup (retractable roof).

Ia pun menjanjikan dalam waktu dekat, yakni 5-12 Februari 2022 akan digelar soft launching. “Saat ini kita hampir menyelesaikan pekerjaan dimain stadium, mulai dari pengerjaan ETFE roof (Ethylene tetrafluoroethylene roof). Kemarin sudah dipasang atap metal, sekarang kita memasang atap membran transparan ETFE,” kata Arry, kepada wartawan Jumat (14/1).

Dituturkannya, tadion bertaraf internasional ini memiliki kapasitas tempat duduk 82 ribu kursi yang saat ini sudah terpasang sekitar setengahnya. Tak hanya itu, Proyek yang menghabiskan dana Rp 4,5 triliun tersebut menyerap sekitar 3.000 tenaga kerja yang berasal dari Sabang sampai Merauke.

- Advertisement -

“Gedung ini didesain dengan konsep green building dan telah mendapatkan sertifikat great platinum,” jelas Ari.

Sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, stadion berbentuk oval ini didesain sebagai gedung multifungsi yang bisa dipakai untuk berbagai kegiatan lain seperti pertunjukan musik akbar, dan lainnya. “Untuk menunjang operasional multifungsi, atapnya dikonsep dengan sistem buka tutup. Kerangka atap beratnya 3.900 ton,” paparnya.

Arry juga memastikan instalasi rangka untuk buka tutup atap JIS hampir rampung karena mesinnya sudah naik. Instalasi ini diharapkan bisa dipakai pada pertengahan Maret mendatang.

Sejumlah fasilitas lain seperti kursi tribun, lampu LED, papan skor, dua layar raksasa, dan ruang pendukung pemain serta ruang konferensi juga sudah rampung. “Area tribun sudah terpasang 30.000 kursi reguler, baik itu Tier 1, Tier 2, atau Tier 3. Jadi untuk Februari kursi penonton JIS bakal rampung,” ungkapnya.

Saat soft launching nanti, rencana pertandingan persahabatan antara Indonesian All Stars dengan Tim muda sepakbola Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid bakal digelar.

“Mudah-mudahan Februari awal bisa soft launching dengan pertandingan international Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid U-20 atau U-19 itu. Iya, (laga) dibarengin sama soft launching,” tandasnya.

Menyinggung masih banyak bangunan kumuh disekeliling JIS, Ari membenarkan, bahwa keberadaan ratusan bangunan di sebelah selatan dan timur tersebut masih menjadi PR bersama. “Kami masih terus berkoordinasi dengan Pemprov DKI maupun Walikota Jakarta Utara untuk mencari solusinya,”jelasnya.

Menurutnya di kawasan selatan JIS terdapat sekitar 600 bangunan yang mana dalam pembebasannya merupakan kewenangan Pemprov DKI. Adapun di sebelah timurnya yang terdapat sekitar 200-an merupakan kewenangan PT Kereta Api Indonesia (KAI) selaku pemilik lahan.

Sekedar informasi, untuk menggaungkan dan memperkenalkan stadion yang akan menjadi kebanggaan Jakarta, JIS membuka kesempatan bagi yang ingin berkunjung mulai 14 Januari hingga 26 Maret 2022.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER