Sabtu, 22 Januari, 2022

Puan: Instruksi Presiden soal Harga Minyak Goreng Harus Terealisasi

MONITOR, Jakarta – Harga minyak goreng tengah melambung tinggi. Saat terjadi kenaikan harga pasar, Presiden Joko Widodo pun memerintahkan menterinya untuk mengendalikan harga pangan pokok agar stabil, termaausk minyak goreng.

Menanggapi hal ini, Ketua DPR RI Puan Maharani pun mengapresiasi langkah presiden yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Menurutnya instruksi presiden itu harus segera ditindaklanjuti.

“Kerja cepat Pemerintah menurunkan harga minyak goreng ditunggu rakyat. Maka pengendalian mahalnya harga minyak goreng di pasaran harus cepat terealisasi,” ujar Puan Maharani dalam keterangannya, Rabu (5/1/2022).

Menurut Puan, ketidakstabilan harga minyak goreng jika dibiarkan tidak terkendali maka akan menyusahkan masyarakat.

- Advertisement -

“Keadaan ini sungguh berat bagi rakyat kecil. Apalagi harga-harga bahan pokok lainnya juga banyak yang melambung tinggi sejak akhir tahun lalu,” terang Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Eks Menko PMK itu juga menyoroti langkah Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang menyatakan telah mendistribusikan stok minyak goreng agar tetap tersedia secara nasional dengan harga terjangkau. Ia mengatakan, seharusnya penyaluran minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp14 ribu per liter sudah dilakukan jauh hari sebelum masa Natal dan Tahun Baru.

“Mahalnya harga minyak goreng ini bukan baru-baru saja terjadi. Distribusi minyak goreng dengan harga terjangkau seharusnya sudah dilakukan sebelum harga minyak goreng meroket tak terkendali. Di berbagai ritel, sampai saat ini masih ada harga minyak goreng kemasan 2 liter mencapai lebih dari Rp40 ribu. Penyaluran minyak goreng kemasan sederhana harus merata di seluruh daerah, termasuk di pasar tradisional,” jelasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER