Selasa, 23 April, 2024

Jokowi Bangga PBB Tetapkan Gamelan jadi Warisan Budaya Tak Benda

MONITOR, Jakarta – Badan PBB yang mengurusi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan (UNESCO) telah menetapkan gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage). Kabar baik ini disampaikan Presiden Joko Widodo melalui laman resmi Instagramnya, Rabu (15/12/2021).

Atas penghargaan itu, Jokowi menyambut hangat dan bangga atas penetapan tersebut.

Dijelaskan Jokowi, gamelan sudah lama menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari rakyat di berbagai daerah di Indonesia, terus dipelajari, dikembangkan dan diwariskan dari generasi ke generasi.

“Gamelan juga memberi inspirasi dan pengaruh terhadap musik dunia. Indonesia akan terus melestarikan gamelan melalui pendidikan dan pelatihan secara formal dan non formal, melalui festival, pawai, pertunjukan, dan pertukaran budaya,” ujar Jokowi dalam keterangannya.

- Advertisement -

Gamelan diketahui menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia ke-12 yang telah tercantum dalam daftar WBTB UNESCO setelah wayang, keris, batik, pendidikan dan pelatihan batik, angklung, tari saman, noken, tiga genre tari tradisional di Bali, seni pembuatan kapal pinisi, tradisi pencak silat, dan pantun.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER