Jumat, Mei 27, 2022

Ini Alasan PAN Perjuangkan Presidential Threshold 0 Persen

MONITOR, Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) menegaskan komitmennya untuk memperjuangkan Presidential Threshold 0%. Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, menegaskan ada sejumlah alasan yang menjadi pertimbangan PAN.

Pertama, PAN berharap Presidential Threshold 0% dapat memunculkan tunas-tunas baru bagi kepemimpinan nasional karena tidak ada lagi pembatasan dalam pengusulan pasangan calon oleh partai politik atau gabungan partai politik.

“Kedua, diharapkan dapat menghilangkan kesan dan persepsi negatif kepada partai politik yang dianggap sebagai pembajak sistem demokrasi Pancasila dan menjadi akar kepemimpinan oligarkis yang berpotensi jadi virus bagi kesehatan demokrasi,” kata Viva Yoga dalam keterangannya, Senin (13/12/2021).

Selanjutnya meski Presidential Threshold 0%, Viva menegaskan tidak seluruh partai politik akan menyalonkan kadernya di Pilpres, mengingat ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, misalnya tentang logistik, elektabilitas, struktur dan organisasi kampanye, dan lainnya.

- Advertisement -

“Diharapkan dapat meminimalisir potensi konflik akibat pasangan calon sedikit (hanya 2 paslon) yang sering menggunakan politik identitas. Jika paslon lebih dari 3, potensi konflik relatif rendah,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER