Rabu, 8 Desember, 2021

Tanggulangi Bencana, Wali Kota Depok Minta Stakeholder Kuasai Tiga Aspek Ini

MONITOR, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris meminta kepada stakeholder terkait untuk menguasai tiga aspek kebencanaan dalam melakukan penanggulangan bencana. Ketiga aspek tersebut adalah pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan.

“Semua elemen dari tanggap penanggulangan bencana harus menguasai paling tidak tiga aspek kebencanaan,” kata Idris saat gelaran Apel Siaga Bencana, di Lapangan Balai Kota Depok, Senin (15/11).

Dijelaskannya, aspek yang pertama, pencegahan bencana. Ini merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan sebagai upaya untuk menghilangkan atau mengurangi ancaman bencana.

“Aspek kedua, mitigasi bencana, dimana serangkaian upaya dilakukan untuk mengurangi risiko bencana melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan dalam menghadapi ancaman bencana,” katanya.

- Advertisement -

Kemudian, lanjut Idris, aspek ketiga, kesiapsiagaan bencana. Serangkaian kegiatan yang dilakukan melalui pengorganisasian melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna.

“Adapun aktor atau pelaku penanggulangan bencana adalah mereka yang berkolaborasi pentahelix. Yaitu, pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, media dan forum pengurangan risiko bencana,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER