Senin, 17 Januari, 2022

Ma’ruf Amin Dorong Hadirnya Halal Center di Lembaga Pendidikan

MONITOR, Jakarta – Kehadiran halal center di lembaga-lembaga pendidikan menjadi sangat diperlukan untuk membantu pemerintah menyukseskan pengembangan ekosistem syariah. Ini disampaikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, ketika menerima audiensi Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro, secara virtual.

Menurut Ma’ruf Amin, kehadiran UI Halal Center menjadi sangat dibutuhkan untuk bisa mempercepat pengembangan ekosistem syariah. Keterlibatan perguruan tinggi menjadi sangat penting.

“Terkait dukungan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), saya meminta agar UI Halal Center dapat merangkul UMKM di wilayahnya untuk diberikan pendampingan dan pelatihan agar memiliki kemampuan wirausaha yang baik dan produk-produk yang berdaya saing,” ujar Ma’ruf Amin dalam keterangannya, Kamis (4/11/2021).

Apalagi berdasarkan laporan dari Bank Indonesia yang diterima, saat ini terdapat peningkatan literasi ekonomi dan keuangan syariah di masyarakat dari 16% menjadi 21%. Data tersebut menunjukkan masih besarnya pekerjaan rumah yang dimiliki Indonesia.

- Advertisement -

“Sebagai upaya mewujudkan cita-cita menjadi produsen halal terbesar di dunia, Indonesia harus dapat memperkuat ekosistem ekonomi dan keuangan syariah,” ujar mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia ini.

Akan tetapi, kata Ma’ruf, masih banyak masyarakat yang belum memahami konsep tersebut. Oleh karena itu, diperlukan peran aktif seluruh elemen terkait. Salah satunya yakni perguruan tinggi untuk meningkatkan literasi masyarakat di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER