Jumat, 19 April, 2024

Sandiaga Jajal Wisata Bawah Laut Di Sawandarek Raja Ampat

MONITOR, Raja Ampat – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berkesempatan untuk menjajal salah satu lokasi wisata bawah laut terbaik di dunia yaitu di Sawandarek, Raja Ampat, Papua Barat.

Sawandarek menawarkan pesona surga di bawah laut yang luar biasa indah. Hamparan air laut sebening kristal, dengan gradasi warna tosca dan biru tua.

Ketika Sandiaga menyelam hingga kedalaman 12 meter, ia menemukan berbagai jenis biota laut. Diantaranya penyu, hiu, ikan nemo (clown fish), serta terumbu karang yang sangat cantik dengan berbagai warna. Pria yang akrab disapa Mas Menteri ini pun terpukau dengan keindahan bawah laut Swandarek Raja Ampat.

Menurut Sandiaga, Raja Ampat adalah salah satu pusat wisata bawah laut dimana para wisatawan harus merasakan kenangan dan pengalaman menyelam di dalamnya.

- Advertisement -

“Karena saya sendiri melihat untuk kesekian kalinya Raja Ampat ini memang betul-betul sekeping surga yang ada di muka bumi dan rasanya sebagai orang Indonesia kalau berwisata #DiIndonesiaAja haruslah pergi ke Raja Ampat,” kata Menparekraf Sandiaga, usai diving di Swandarek, Selasa (26/10/2021).

“Sementara untuk divers di seluruh dunia, saya mengirimkan pesan bahwa belum komplit menjadi divers kalau belum mengunjungi Raja Ampat,” imbuh Sandi.

Sauwandarek sendiri bisa diakses menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Waisai yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Raja Ampat, dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Wisatawan dapat menyebrang terlebih dahulu dari Pelabuhan Sorong menuju Waisai, dengan perkiraan waktu tempuh selama dua jam.

Dikatakan Sandiaga potensi wisata bahari di Kabupaten Raja Ampat ini sangatlah besar.
Ada tiga catatan yang menjadi perhatian Sandiaga terkait pengembangan spot wisata di Raja Ampat. Pertama peningkatan kapasitas SDM, khususnya bagi pramuwisata. Kedua, usulan Kabupaten Raja Ampat menjadi salah satu destinasi live on board untuk karantina wisatawan. Ketiga, menyiapkan Raja Ampat sebagai lokasi side event di G20 tahun 2022 yang berkaitan dengan keberlanjutan lingkungan.

“Kami akan hadir untuk membantu dan kami akan memastikan no one left behind. Karena kita tahu potensi wisata baharinya terutama untuk diving adalah yang terbaik di dunia dan kita harapkan ini bisa kita kembangkan agar ekonomi segera bergerak kembali, dan lapangan kerja terbuka seluas-luasnya, karena sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Raja Ampat sudah satu setengah tahun mengalami kontraksi yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, kita akan bangkitkan kembali,” ujar Sandiaga.

Sementara itu, Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati menyampaikan terima kasih atas kehadiran Menparekraf ke Raja Ampat. Tentunya hal ini memberikan semangat baru bagi masyarakat, terutama para pelaku usaha.

“Keyakinan kami bahwa motivasi kehadiran Menparekraf akan memberikan jalan keluar dan solusi yang terbaik untuk menjawab satu setengah tahun kevakuman pariwisata yang ada di Raja Ampat,” katanya

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER