Senin, 20 September, 2021

Aparat Berwajib Diminta Proaktif Tangani Kasus Youtuber M Kace

MONITOR, Jakarta – Nama Muhammad Kace tengah melambung seiring pernyataannya yang dinilai telah menghina ajaran agama Islam. Youtuber ini bahkan dikabarkan telah keluar dari agama Islam, alias murtad.

Dari penelusuran jejak digital, pada bulan April 2021 lalu, Muhammad Kace pernah dilaporkan sejumlah aliansi ulama di Jawa Timur.

Merespon kasus ini, Direktur PusdikHAM Uhamka Maneger Nasution meminta publik agar tidak ikut terprovokasi ulahnya. Ia menyarankan sebaiknya publik yang merasa tidak nyaman dengan peristiwa ini menempuh cara yang elegan melalui mekanisme hukum yang tersedia.

“Misalnya dengan mengajukan yang bersangkutan ke proses hukum untuk dimintai pertanggungjawaban atas kata dan lakunya,” ucap Maneger Nasution, Selasa (24/8/2021).

- Advertisement -

Eks Komisioner Komnas HAM ini juga meminta pihak berwajib untuk proaktif menangani kasus ini sesegera mungkin, sebelum terlambat, agar tidak memantik keresahan publik yang lebih besar lagi.

“Seorang warga negara harus bisa merasa dan menghormati perasaan dan apalagi keyakinan orang lain. Penghormatan terhadap keyakinan orang lain adalah kasta tertinggi dalam HAM,” pungkasnya mengingatkan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER