Senin, 20 September, 2021

PPKM, Kementan Terus Pantau Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan

MONITOR, Jakarta – Di masa PPKM level 4, harga pangan terpantau stabil berdasarkan data Panel Harga Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian. Harga rata-rata 11 komoditas pangan pokok yang ada di 34 provinsi menunjukkan kondisi yang stabil.

Beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan yang tidak signifikan. Berdasarkan data BKP Kementan, Rabu (04/08/2021), beras medium dan premium mengalami kenaikan masing-masing 0,17% dan 0,10%.

Sementara itu, cabai merah keriting naik 0,01%, daging sapi naik 0,09%, daging ayam rata-rata nasional naik 0,36%, telur ayam naik 0,26%. Sedangkan komoditas lainnya yang mengalami penurunan yaitu Bawang Merah turun 0,29%, Bawang Putih turun 0,53%, cabai rawit merah turun 2,29%.

Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan, BKP Kementan, Risfaheri mengatakan pihaknya terus melakukan berbagai upaya agar stabilitas pasokan pangan terjaga sehingga tidak terjadi lonjakan harga pangan.

- Advertisement -

“Kita terus melakukan berbagai upaya stabilisasi pasokan. Salah satu yang diupayakan adalah gelar pangan murah oleh Pasar Mitra Tani Kementerian Pertanian yang dilaksanakan dalam momentum kemerdekaan RI,” ungkapnya pada Kamis (05/08/2021).

Ditambahkan Risfaheri, dinamika harga pangan memang wajar terjadi terlebih lagi ketika momentum tertentu seperti lebaran yang memicu kenaikan permintaaan bahan pangan. Akan tetapi dia menegaskan bahwa kenaikan harga tidak lebih dari 10 persen atau dalam batas kewajaran.

Selain itu, aksesibilitas pangan yang merata dan terjangkau ke seluruh wilayah juga diupayakan melalui intervensi distribusi dari daerah surplus ke daerah defisit.

“Melalui aplikasi Simonstok (sistem monitoring stok), kita petakan wilayah-wilayah yang mengalami kelangkaan pasokan, sehingga bisa diupayakan intervensi distribusi di wilayah tersebut,” kata Risfaheri.

Sebelumnya, Selasa (03/08/2021) Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga menegaskan bahwa ketersediaan pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di masa pemberlakuan PPKM Level 4 dalam kondisi aman dan terkendali,

“Jadi kita pastikan ketersediaan pangan kita sampai akhir tahun aman dan terkendali. Hanya saja perlu kita pahami jika ada perbedaan harga antar wilayah karena memang kondisinya berbeda satu sama laih,” ungkap Mentan SYL.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER