Jumat, 26 April, 2024

Rokhmin Dahuri ajak Mahasiswa UNP amalkan Empat Hal ini dalam menghadapi Masa Pandemi

MONITOR – Guru Besar Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University, Prof. DR. Ir. Rokhmin Dahuri, MS mengatakan setidaknya ada empat hal yang dapat dilakukan mahasiswa dalam menghadapi pandemi covid-19 sekaligus dalam upaya membangun peradaban bangsa kedepan, empat hal tersebut yakni sabar, meningkatkan kompetensi, kapasitas, etos kerja, dan akhlak diri sendiri, menolong sesama dan meningkatkan iman taqwa.

“Seperti ditegaskan Allah SWT di Surat Al-Baqarah ayat 155, yang artinya ‘Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar’, katanya saat mengisi acara Subuh Mubarakah yang diadakan secara daring oleh Universitas Negeri Padang (UNP), Jumat (30/7/2021).

Meski dalam kondisi pandemi, Wakil Ketua Dewan Pakar ICMI Pusat itu mengingatkan para mahasiswa agar terus meningkatkan kompetensi, kapasitas, etos kerja, dan akhlak diri sendiri supaya memiliki kemampuan untuk menolong sesama insan yang memerlukan bantuan dengan cara rajin belajar, praktikum, magang, dan diskusi terkait seluruh kegiatan intrakurikuler (hard skills, intellectual quotient, atau otak kiri); dan aktif secara proporsional di sejumlah kegiatan ekstrakurikuler [soft skills, emotional quotient, atau otak kanan. 

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu juga mengajak para mahasiswa dan civitas akademika UNP untuk saling membantu dan menolong sesama semampu yang bisa dilakukan. “Dengan niat ikhlas karena Allah SWT semata, kita tolong orang lain yang membutuhkan bantuan, semaksimal yang kita mampu seperti harta, ilmu, tenaga, senyum, dan kebajikan lainnya,” ujarnya.

- Advertisement -

“Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di Dunia, Allah akan menolongnya dalam kesusahan di Hari Kiamat dan barang siapa yang meringankan bebasn seorang Muslim yang sedang kesulitan, Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan di akhirat,” jelasnya mengutip hadist Rasulullah SAW. 

Hal lain yang tidak kalah pentingnya dalam kondisi pandemi saat ini menurut Prof Rokhmin adalah meningkatkan iman dan taqwa. “Karena hanya iman dan takwa yang membuat manusia hidup sukses dan bahagia di dunia serta akhirat,” terangnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER