Rabu, 29 Juni, 2022

Anies Pantau Keterisian IGD di RSUD Semakin Berkurang

MONITOR, Jakarta – Tren situasi pandemi di Jakarta terus mengalami penurunan berkat upaya kesadaran masyarakat dalam mengurangi mobilitas. Klaim ini disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, ketika meninjau kondisi IGD RSUD Duren Sawit Jakarta Timur, Senin (26/7/2021) kemarin.

“Alhamdulillah, atas izin Allah dan sejak kita semua sama-sama mengurangi mobilitas, situasi pandemi di Jakarta terus mengalami penurunan dan InsyaAllah bisa keluar dari masa genting, terlihat dari keterisian IGD berbagai rumah sakit di Jakarta,” ucap Anies dalam keterangannya.

Selama beberapa minggu terakhir, Anies memang rajin memantau dan mengunjungi beberapa RSUD yang ada di Jakarta. Menurut hasil pantauannya, kondisi di rumah sakit kini semakin terkendali karena kapasitas tempat tidur isolasi Instalasi Gawat Darurat (IGD) hingga ICU tersedia.

“Tadi pagi saya juga baru berkunjung ke RSUD Budhi Asih dan RSKD Duren Sawit. Situasinya sudah jauh berbeda dibanding ketika saya berkunjung sebulan lalu ke Duren Sawit,” tutur Anies.

- Advertisement -

Anies bercerita saat itu RS begitu penuh, bahkan selasar depan IGD dipenuhi oleh pasien yang antre masuk ke dalam IGD, kamar rawat inap dan ICU. Sedangkan kini, selasar IGD itu sudah kosong, pasien dapat langsung masuk ke IGD.

“Situasi ini serupa di begitu banyak RSUD di Jakarta. Harapannya, yang keluar (sembuh) dari fasilitas kesehatan semakin banyak, yang masuk semakin sedikit, sehingga beban di fasilitas kesehatan akan terus berkurang,” jelasnya.

Eks Mendikbud RI ini pun tetap mengajak semua elemen bersama-sama mulai menurunkan tingkat kegawatan situasi dalam sebulan terakhir. Menurut Anies, tren penurunan ini nyata terlihat, tapi situasi masih jauh dari ideal.

“Mari kita lanjutkan momentum perbaikan situasi ini. Jangan sampai gelombang perbaikan yang mulai terasa ini lalu berhenti atau malah berbalik jadi naik kembali karena kita lengah dan kendor,” seru Anies.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER