Minggu, 25 Juli, 2021

Penuhi Target 8,8 Juta Warga, Pemprov DKI Uji Coba Vaksin Keliling

MONITOR, Jakarta – Untuk memenuhi target 8,8 juta warga yang divaksin, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan uji coba vaksin keliling. Sebanyak 16 mobil vaksin keliling hasil dari kolaborasi berbagai stakeholder akan disiapkan guna menjemput bola dan mendekatkan proses vaksinasi kepada warga Jakarta. Salah satunya adalah mulai diuji coba mobil vaksin keliling di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (7/7).

“Hari ini kami bersama-sama menyaksikan dimulainya uji coba mobil vaksin keliling yang berjumlah total di Jakarta saat ini akan ada 16 mobil vaksin keliling. Ini adalah kolaborasi dari seluruh unsur. 3 mobil dari Polda Metro Jaya, 3 dari Kodam Jaya, 2 dari Kemendikbud, 5 dari DKI, dan 3 dari PT Magenta Media Tama. Ini kolaborasi dengan Aprindo, Apindo, Hipindo, Kadin, dan tenaga-tenaganya juga merupkan tenaga relawan yang bersama-sama disumbangkan dari institusi ini,” Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Kata Anies, dengan beroperasinya mobil vaksin keliling ini, diharapkan akses terhadap vaksin akan lebih mudah menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat kapan saja dan di mana saja.

Masyarakat dapat mendaftar melalui aplikasi JAKI untuk mengakses layanan mobil vaksin keliling ini. Apabila warga sudah mendaftar di lokasi vaksinasi tertentu melalui JAKI dan lingkungannya kedatangan mobil vaksin keliling, maka vaksinasi dapat langsung dilakukan di mobil vaksin keliling. Karena, data warga tersebut sudah masuk ke dalam sistem JAKI.

- Advertisement -

“Kita berharap 16 mobil vaksin keliling ini bisa bekerja untuk menjemput masyarakat yang memiliki kendala mendatangi lokasi vaksinasi yang sudah ada sekarang. Jadi, mudah-mudahan dengan begitu, target kita akan bisa tercapai,” terangnya.

“Per hari ini, sebanyak 4,9 juta orang sudah mendapatkan vaksin di Jakarta. Jadi, kami yakin target yang sudah ditetapkan Bapak Presiden di akhir Agustus itu akan bisa tercapai lebih awal. Bagi masyarakat yang ingin ikut program vaksinasi, tinggal download aplikasi JAKI, Lalu tentukan lokasi dan waktunya,” imbuhnya.

Selain mendekatkan akses vaksin kepada masyarakat, mobil vaksin keliling ini juga sudah bisa melayani vaksinasi untuk usia 12 tahun ke atas, sehingga anak-anak menjadi lebih terlindungi dari paparan COVID-19. “Jadi, semua orang di atas 12 tahun bisa mendapatkan vaksinasi lewat mobil vaksin keliling,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER