Senin, 26 Juli, 2021

Cak Imin Minta Kemenkes Fasilitasi Perawatan Pasien Isoman

MONITOR, Jakarta – Berdasarkan data Lapor Covid-19, jumlah kematian masyarakat yang melakukan isolasi mandiri atau isoman masih terus terjadi. Hal ini menjadi sebuah keprihatinan bersama, agar pasien yang melakukan isoman mendapatkan pelayanan yang maksimal.

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar menyatakan, pasien yang melakukan isoman harus mendapat pengawasan dari Dinas Kesehatan di masing-masing daerah. Untuk itu, ia meminta Kementerian Kesehatan memberikan kemudahan akses pengobatan bagi pasien yang melakukan isoman.

”Saya rasa Kemenkes perlu menyusun panduan isoman bagi pasien Covid-19 dengan gejala sedang, mengingat saat ini masyarakat kesulitan untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit dan sebagian harus melakukan isoman, sehingga diharapkan panduan tersebut dapat membantu pasien dan keluarga pasien untuk melakukan perawatan secara mandiri di rumah, namun dengan prosedur dan obat-obatan yang tepat serta pemantauan dokter atau tenaga kesehatan,” ujar Muhaimin, atau Cak Imin, dalam keterangan persnya, Rabu (7/7/2021).

Selain itu, Cak Imin yang merupakan Ketua Tim Pengawas Penanggulangan Bencana Covid-19 DPR RI itu mendorong Kemenkes bersama pihak RS berkoordinasi dengan RT/RW untuk memastikan dan menggencarkan sosialisasi mengenai prosedur penanganan dan pengobatan yang tepat bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri.

- Advertisement -

Dengan begitu, masyarakat yang melakukan isolasi mandiri dapat mengikuti seluruh arahan tersebut secara optimal, mengingat masyarakat yang terpapar virus Corona tidak dapat tinggal berdampingan dengan keluarga ataupun berkomunikasi secara langsung dengan orang lain.

”Saya juga mengimbau masyarakat yang terpapar Covid-19 untuk berani melaporkan diri ke fasilitas kesehatan terdekat sehingga mereka bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan pemantauan dari nakes, guna mencegah terjadinya kekeliruan penanganan apabila dilakukan tanpa arahan nakes,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER