Sabtu, 24 Juli, 2021

Eks Gubernur DKI Ali Sadikin Dinilai Layak Terima Gelar Pahlawan Nasional

MONITOR, Jakarta – Mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin layak mendapatkan penghargaan sebagai pahlawan nasional. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi bahkan mendukung sejumlah langkah penyusunan syarat administrasi untuk pengajuan gelar tersebut.

Dikatakan Prasetyo, Ali Sadikin semasa kepemimpinannya di Jakarta memang menelurkan berbagai kebijakan yang kontroversial. Kendati demikian, ia menyatakan manfaatnya kini dirasakan oleh banyak warga Jakarta.

“Memang banyak kebijakan kontroversial yang dibuat Bang Ali selama menjabat. Tapi hampir semua kebijakan itu bisa dirasakan manfaatnya oleh kita warga Jakarta saat ini,” kata Prasetyo, dalam keterangannya.

Jenderal KKO Angkatan Laut yang ditunjuk langsung Presiden Soekarno pada tahun 1966 untuk menjadi Gubernur Jakarta itu, disebut Pras, memiliki segudang pemikiran yang cerdas dan memiliki jasa sangat besar bagi negara terutama kota Jakarta.

- Advertisement -

Pras pun berharap, pemberian gelar pahlawan nasional bagi Ali Sadikin ini bisa diserahkan ketika memperingati HUT DKI Jakarta ke-494 nanti.

“Bang Ali layak mendapatkan gelar pahlawan nasional. Status yang hingga kini belum tercapai meski telah diusulkan berkali-kali sejak tahun 2010,” tegas politikus PDIP ini.

“Saya mendukung upaya penyusunan syarat administrasi untuk mendapatkan gelar tersebut. Seluruh data, kajian, dan dokumen-dokumen telah disiapkan dan akan diserahkan kepada Kementerian Sosial. Semoga gelar pahlawan nasional untuk Almarhum Ali Sadikin dapat diberikan tepat pada peringatan HUT DKI Jakarta ke-494 mendatang,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER