Kuota Haji Belum Diberikan, Komisi VIII: Diplomasi Kita Sudah Maksimal

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta – Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto, menyatakan bahwa pihaknya sudah menyusun panitia haji sejak akhir tahun 2020. Bahkan, semua persiapan terkait pelaksanaan ibadah haji 2021 sudah dimatangkan.

Pernyataan itu disampaikan Yandri dalam program talkshow Mata Najwa, belum lama ini. Pasca pembatalan ibadah haji pun, Yandri menegaskan dana setoran milik calon jamaah masih aman.

Jika tidak terjadi pandemi, menurut Yandri, pemerintah akan memberangkatkan calon jamaah haji di tahun ini. Akan tetapi, semua pelaksanaan haji ini terhambat dengan beberapa kendala seperti penerbangan hingga kuota haji.

“Kita pastikan dana haji ada, buktinya kalau tidak pandemi kita berangkatkan normal. Ini sekarang penerbangan belum dibuka, kuota belum diberikan,” kata Yandri Susanto.

Terkait simpang siur yang beredar terkait komunikasi pemerintah Indonesia dan otoritas Saudi, Yandri pun menegaskan sejauh ini diplomasi yang dilakukan sudah maksimal.

Akan tetapi, menyinggung kuota haji, ia menegaskan bahwa Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang belum mendapatkan kepastian soal kuota tersebut.

“Kita ingin menyampaikan ke publik informasi yang benar. Diplomasi kita sudah maksimal. Sampai saat ini belum ada negara yang mendapat kuota, bukan hanya Indonesia,” tegas politikus PAN ini.