Wah Membludak, PPDB Hari Ketiga di Jakarta Capai Ratusan Ribu Akun

Wakil Gubernur DKI Jakarta A RIza Patria

MONITOR, Jakarta – Proses pendaftaran hari ketiga, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Jakarta mengalami lonjakan yang luar biasa. Dari data yang masuk ke website PPDB Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, tercatat ada ratusan ribu akun yang masuk.

Dari website PPDB Disdik DKI pun terlihat, per pukul 09.00 WIB, telah mencapai 238.554 orang pendaftar.

“Total untuk SD yang daftar undah 53.686 orang, untuk SMP itu sebanyak 85.961 pendaftar, SMA/SMK 98 (ribu sekian) pendaftar ya,” ujar Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Rabu (9/6)

Ia pun mengakui, akun yang sudah mendaftar itu melebihi daya tampung yang ada dari keseluruhan jumlah kuota siswa dari jenjang SD, SMP dan SMA/SMK negeri.

“Sementara daya tampung untuk jenjang negeri untuk semua jenjang sekolah negeri itu hanya 212.212,” terangnya.

Apabila melihat hal ini, kata Riza Patria, ini menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat yang menginginkan masuk sekolah negeri.

“Sekali lagi kami tidak menerapkan sekolah unggulan di Jakarta, kita berusaha semua sekolah menjadi sekolah yang baik sekolah unggulan,” jelas dia.

“Gak ada lagi ke depan sekolah A, B, C saja yang menjadi sekolah unggulan,” tegasnya.

Justru dengan pola PPDB DKI 2 tahun belakangan ini, semua sekolah di ibu kota menjadi sekolah unggulan.

Di samping itu, Riza mengklaim, sejauh in tidak ada kendala lagi dalam proses pendaftaran PPDB DKI ajaran 2021, seperti yang terjadi pada hari pertama pendaftaran.

Hal tersebut dapat dilihat dari posko PPDB DKI di SMK 27. Di mana orang yang datang mengeluh PPDKI sudah mulai berkurang. Artinya pelayanan PPDB secara online berjalan sudah sangat baik.