Kemenag Batalkan Pemberangkatan Haji, Mardani: Indonesia Rugi Besar

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera

MONITOR, Jakarta – Pembatalan keberangkatan calon jamaah haji Indonesia tentu sangat mengecewakan. Hal ini dirasakan oleh Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Mardani Ali Sera.

Ia menilai calon jamaah haji yang sudah bersiap diri dan menaruh harapan akan menelan kekecewaan atas kebijakan tersebut.

“Ini tentu kesedihan luar biasa bagi calon jamaah haji. Mereka sudah bersiap dan berharap,” kata Mardani dalam keterangannya, Sabtu (5/6/2021).

Mardani menyarankan semestinya penyelenggaraan haji tidak perlu dibatalkan, tetap dilaksanakan namun dengan jumlah yang sangat minimal. Apalagi Indonesia selama ini dikenal sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia yang selalu menyumbang kuota jamaah haji.

Bahkan ia menegaskan Indonesia sangat merugi karena tidak mengikuti penyelenggaraan ibadah haji di tahun ini, meskipun dengan kuota yang terbatas.

“Walau disadari jumlah dan peserta disesuaikan dengan prokes, justru menjadi rugi besar bagi Indonesia jika tidak ikut karena jadi pembelajaran yang mahal,” tandasnya.

Ia justru meyakini, pemerintah masih memungkinkan untuk berkomunikasi kembali dengan otoritas Saudi dan melayani penyelenggaaran haji di tahun ini.