Sri Mulyani Harap RI jadi Mesin Pertumbuhan Berbasis Investasi-Ekspor

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

MONITOR, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah Indonesia tidak hanya akan terus fokus pada penanganan pandemi saja, melainkan terus berupaya mencapai tujuan pembangunan jangka menengah – panjang.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah yakni melakukan reformasi struktural. Sri Mulyani menjelaskan, reformasi struktural akan dilanjutkan untuk meningkatkan daya saing dan kapasitas produksi.

“Indonesia diharapkan dapat menghasilkan mesin pertumbuhan berbasis investasi dan ekspor sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan berkualitas dengan produktivitas tinggi,” kata Sri Mulyani, saat Rapat Paripurna DPR RI, Senin (31/5/2021) lalu.

Ia mengungkapkan Pemerintah telah berupaya meningkatkan level pendapatan masyarakat melalui penyediaan pekerjaan berkualitas agar pertumbuhan konsumsi mampu pulih di atas 5%.

Sebelumnya, ia menyampaikan bahwa pemulihan pertumbuhan ekonomi nasional semakin menguat, baik di global maupun domestik. Namun begitu, kondisi ini masih sangat dipenuhi ketidakpastian.