Pimpinan DPR Minta Kasus PNS Siluman yang Terima Gaji Diusut

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (dok: Instagram)

MONITOR, Jakarta – Kasus ratusan ribu PNS siluman yang menerima gaji dan dana pensiunan membuat Politikus Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, prihatin. Terlebih, masalah ini sudah ada sejak 2002 hingga 2014.

Dasco yang merupakan Wakil Ketua DPR RI ini lantas meminta sejumlah pihak untuk mengusut kebenaran serta menelusuri larinya pembayaran uang negara atas kejadian itu.

“Kami prihatin bahwa itu bisa kejadian. Ada ASN hampir 100.000 itu dari tahun 2014, itu terus mendapatkan gaji. Sehingga mungkin administrasinya perlu dibenahi dan perlu dicek secara tuntas larinya pembayaran uang negara tersebut kepada siapa?,” ujar Dasco kepada awak media.

Menurutnya, jumlah data PNS siluman itu terlalu banyak, sehingga perlu diusut hingga tuntas. Dasco pun menginginkan agar dibentuk tim khusus guna mengusut kasus tersebut.

“Justru itu karena ini mestinya banyak pihak yang mesti mengklarifikasi. Perlu dibentuk menurut saya, satu tim khusus yang memang khusus untuk menangani ini, dengan pihak-pihak yang memang terkait dengan soal ASN ini,” tandasnya.