Sabtu, 20 April, 2024

Bantu UMK Hadapi Pandemi, Pertamina Tambah 170 Binaan Baru di Awal Tahun 2021

MONITOR, Jakarta – Komitmen PT Pertamina (Persero) dalam membantu pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) di tengah krisis akibat pandemi Covid-19 semakin kuat. Ini dibuktikan dengan terus bertambahnya jumlah mitra binaan Program Pendanaan UMK Pertamina setiap bulannya. Hingga triwulan pertama tahun 2021 ini misalnya, setidaknya terdapat 170 UMK yang sudah bergabung.

Jumlah ini, ikut menyumbang total mitra binaan yang dibina Pertamina sejak tahun 1993 hingga sekarang yakni berjumlah lebih dari 65 ribu UMK yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Di mana masing-masing UMK banyak memberdayakan pekerja untuk membantu perekonomian di sekitar lingkungannya.

“Jika kita rata-ratakan 1 UMK memiliki 4 pekerja, dan setiap pekerja memiliki minimal 3 anggota keluarga. Maka sudah ada lebih dari 1 juta orang yang merasakan manfaat program ini,” ujar Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman.

Fajriyah menjabarkan, dari ratusan mitra binaan (MB) baru di triwulan pertama tersebut, mayoritas didominasi oleh sektor perdagangan sebanyak 116 MB. Disusul sektor industri sebanyak 26 MB dan urutan ketiga yakni sektor jasa sebanyak 14 MB.

- Advertisement -

“Selebihnya ada dari sektor perikanan, perkebunan, pertanian, dan peternakan,” imbuhnya.

Pertamina, lanjut Fajriyah, tidak membatasi para UMK dari sektor apa pun untuk bergabung menjadi mitra binaan. Seluruhnya akan dibina dan didampingi hingga menjadi UMK naik kelas. Tentu saja dengan melalui beberapa roadmap pembinaan yang dimulai dari fase Go Modern, Go Digital, Go Online, hingga mampu mengekspor produknya menjadi UMK Go Global.

Banyak keuntungan yang akan didapatkan para mitra binaan. Mulai dari bantuan untuk mendapatkan sertifikat atau izin usaha, menjadi UMK naik kelas, penambahan omzet, kapasitas produksi, dan pekerja, serta dapat menjadi UMK Go Global. 

Menurut Fajriyah, melalui Program Pendanaan UMK, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. 

Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab lingkungan dan sosial, demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER