Permudah Belanja Online, Pasar Mitra Gandeng Digiretail Mandiri Via WhatsApp

Pasar Mitra Tani Padang, Sumatera Barat

MONITOR, Jakarta – Tidak hanya menjaga stabilitas pasokan dan harga bahan pangan pokok, Kementerian Pertanian terus mengupayakan kemudahan akses masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pokoknya dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi seperti yang kerapkali ditekankan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Hal ini dilakukan oleh Pasar Mitra Tani (PMT) yang melakukan inovasi pemasaran melalui pembelian secara online. Setelah sukses sebelumnya menggandeng Gojek, Grab, Bukalapak serta marketplace PasTani milik Kementan, kini PMT kembali gandeng Digiretail Mandiri dari Bank Mandiri.

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Risfaheri mengungkapkan bahwa penggunaan digiretail mandiri merupakan inovasi transaksi digital yang memudahkan pengguna dalam melakukan pemesanan barang melalui nomor Whatsapp Digiretail yaitu 081141508888.

“Meningkatnya permintaan masyarakat seperti pada saat hari besar keagamaan mendorong PMT terus berinovasi melalui berbagai saluran pemasaran, baik itu offline maupun online. Utamanya mendekatkan akses masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan pangannya dengan mengikuti perkembangan dan perubahan selera konsumen” jelas Risfaheri dalam keterangannya pada Kamis (20/05/2021).

Risfaheri menyebut pengembangan pemasaran via digiretail menargetkan segmen pasar masyarakat atau konsumen yang selama ini kurang familiar dengan platform pemasaran online berbasis aplikasi. Berbeda dengan aplikasi pemasaran online kebanyakan, dia mengatakan platform yang digunakan digiretail cukup sederhana karena hanya menggunakan aplikasi Whatsapp.

“Penggunaan digiretail tentu akan memudahkan konsumen atau ibu-ibu rumah tangga dalam berbelanja, karena hampir semua orang saat ini sudah menggunakan whatsapp. Jadi tidak perlu download aplikasi apapun” katanya.

Untuk pemesanan dilakukan melalui whatsapp dengan mengetik #PMT/TTIC kemudian kirim ke nomor Whatsapp Digiretail Mandiri 0811-4150-8888. Kemudahan lainnya adalah banyaknya pilihan metode pembayaran oleh konsumen melalui transfer rekening, gopay, ovo, dan lainnya.

“Untuk tahap awal penggunaan digiretail mandiri baru berlaku di PMT/TTIC Pasar Minggu Jakarta, dan selanjutnya akan dikembangkan dan diaplikasikan di PMT/TTIC lainnya agar konsumen lebih mudah mengakses bahan pangan yang murah dan berkualitas” ungkapnya.

Komoditas pangan yang tersedia pada aplikasi digiretail mandiri saat ini fokus pada 10 (sepuluh) komoditas pangan pokok/strategis, yaitu beras, bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, cabai merah keriting, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, dan minyak goreng.