Mudik Dilarang, Jokowi Heran 1,5 Juta Orang Tetap Pulang Kampung

Presiden Joko Widodo

MONITOR, Jakarta – Libur lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah telah usai. Masyarakat pun mulai berbondong-bondong kembali ke rutinitas normal pada umumnya.

Meski pemerintah meniadakan mudik lebaran, namun Presiden Joko Widodo mendapati data bahwa sebanyak 1,5 juta orang tetap bersikeras melakukan mudik ke kampung halaman.

“Saya memperoleh data bahwa sebanyak 1,5 juta orang tetap mudik ke kampung halaman pada kurun waktu 6-17 Mei 2021. Dan dari pengalaman selama ini, kasus penularan Covid-19 selalu meningkat selepas masa libur panjang,” kata Jokowi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/5/2021).

Untuk mewaspadai penularan kasus Covid-19, Jokowi pun mengimbau kepada seluruh kepala daerah agar mengantisipasi dan terus memantau perkembangan penanganan pandemi.

“Saya mengingatkan para kepala daerah se-Indonesia, agar waspada dan memantau sejumlah parameter penanganan pandemi secara berkala untuk dapat segera mengambil langkah taktis yang cepat dan tepat mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19 di daerah,” imbuh Jokowi.

Jokowi menekankan seluruh kepala daerah agar terus mengupayakan peningkatan kasus aktif tidak terjadi sebesar tahun-tahun sebelumnya.