Lebaran Tanpa Mudik, Anies: Manfaatkan Teknologi Virtual

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

MONITOR, Jakarta – Suasana lebaran menjadi momentum yang sangat dinantikan jutaan umat Muslim di seluruh belahan dunia. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyatakan meski lebaran ditengah pandemi, namun hal tersebut jangan sampai mengurangi rasa syukur.

“Ini adalah kali keduanya, kita umat muslim akhirnya kembali diberi nikmat oleh Allah SWT untuk merayakan Idulfitri di masa pandemi COVID-19,” kata Anies Baswedan usai shalat Idul Fitri.

“Kita semua memahami bahwa pada suasana lebaran, pasti menyimpan rasa rindu terhadap orang tua, dan keluarga di kampung halaman,” sambungnya lagi.

Ditengah pandemi ini, masyarakat tidak dapat melakukan tradisi mudik sebagaimana tahun-tahun sebelumnya karena kasus Covid-19 masih mengancam. Ia pun mengimbau warga Jakarta agar senantiasa mematuhi peraturan dari pemerintah.

“Kita masih dihadapkan dengan situasi untuk menahan diri dalam menjaga mobilitas dari tradisi mudik. Hal ini demi menjaga orang yang kita sayangi dari keterpaparan COVID-19,” kata Anies.

“Karena itulah, perayaan Idulfitri kali ini kita diharapkan kembali menyapa, memohon maaf, bersilaturahmi memanfaatkan teknologi virtual,” pungkasnya.