Kamis, 25 April, 2024

Cak Imin Dorong Pemimpin Negara Cari Solusi Konflik Israel-Palestina

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar mengecam keras tindakan brutal yang dilakukan militer Israel terhadap warga Palestina, dimana mereka menyerang umat Muslim Palestina saat berada di dalam Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem Timur pada Sabtu (8/5/2021) malam.

Muhaimin, atau yang karib disapa Cak Imin, menilai bahwa tindakan brutal semacam itu bukan hanya terjadi kali ini. Berbagai upaya juga sudah dilakukan banyak pihak untuk mendamaikan kedua belah pihak, namun hingga kini tak kunjung membuahkan hasil.

“Berbagai upaya terus kita lakukan, protes keras, marah, rekomendasi-rekomendasi dan berbagai cara sudah ditempuh agar Israel menghentikan kekerasan atas Palestina. Tidak ada jalan keluar sampai hari ini, tidak ada langkah konkret dari semua negara atas kekerasan dan tindakan brutal ini,” kata Cak Imin, dalam keterangan tertulisnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyeru agar seluruh pemimpin negara-negara di dunia untuk duduk bersama. Menurutnya, mereka perlu memberikan forum mediasi bagi Israel dan Palestina secara terbuka mencari solusi menyelesaikan konflik berkepanjangan.

- Advertisement -

“Apa solusinya? Pemerintah dan negara-negara harus duduk bersama dan mengajak bicara Israel dan Palestina secara terbuka. Pengakuan terhadap Palestina, kondisi Israel yang masih terus tidak pernah menghentikan kekerasan menjadi materi utama penuntasan masalah. Duduk, bicara, dan cari solusi,” terangnya.

Selain itu, Cak Imin juga mendesak Pemerintah Indonesia untuk turun tangan sekaligus menggalang dukungan guna menentang tindak kekerasan Israel di Palestina. Indonesia bersama negara lain harus memimpin mediasi Israel-Palestina agar konflik segera berakhir.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER