Selasa, 19 Maret, 2024

Manfaatkan Pandemi, Luhut Dorong Penggunaan Produk Dalam Negeri

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo Arahan Presiden mengarahkan agar Pemerintah, BUMN/BUMD, Badan Usaha dan/atau pemangku kepentingan lainnya wajib menggunakan produk dalam negeri dan mendukung program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), dalam rangka menggerakkan perekonomian nasional.

Pesan tersebut diutarakan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, saat berbincang bersama lintas kementerian terkait dan juga perwakilan asosiasi industri tanah air.

“Saya menekankan diawal bahwa kita harus membangun rasa nasionalisme yang kuat untuk penerapan TKDN ini, mengingat selama ini saya perhatikan seringkali ada yang selalu berkilah dengan berbagai alasan sehingga kemudian implementasi P3DN menjadi persoalan yang tak kunjung terpecahkan,” kata Luhut dalam keterangannya.

Ia pun menyadari sudah terlalu lama bangsa Indonesia bergantung pada produk-produk dari luar negeri, terutama untuk keperluan industri nasional.

- Advertisement -

“Karenanya, saya berpikir sudah saatnya kita tegas, dan di hadapan semua pihak baik dari pemerintah maupun swasta, saya sampaikan untuk menjadikan pandemi ini sebagai momentum untuk terus mendorong penggunaan produk dalam negeri,” imbuh Luhut.

Selain itu, Luhut juga meminta agar peraturan atau definisi desain dari “local content” atau “brand” dari produk anak bangsa juga dihargai.

“Meskipun pengusaha dalam negeri juga saya harap dapat bersaing, baik di sisi kualitas maupun harga. Secara khusus saya juga menekankan kepada kementerian BUMN untuk sekali lagi melihat peraturan presiden dengan jelas. Bukan hanya sekedar rencana dan wacana saja mengenai penerapan TKDN ini,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER