Tak Pernah Menyerah, Ini Cerita Personel TNI yang Gagal Jadi Pilot F-16

Kapten Agus Permana. (dok. Istimewa)

MONITOR, Depok – Mimpi menjadi pilot pesawat tempur F-16 seorang Kapten Agus Permana saat masa mudanya tidak terkubur percuma. Terbukti, saat ini Agus yang sekarang berdinas di Markas Korem 051/Wijayakata dan menjabat sebagai Plh. Kapenrem, akhirnya bisa menjadi pilot juga.

Melalui kegiatan Sertifikasi Remote Pilot Fasi di Wisma Aldiron Mabesau, Jakarta, yang diselenggarakan oleh Spotdirga TNI AU, Bidang Sertifikasi dan Lambangja FASI, belum lama ini, Agus berhasil lulus dan mendapatkan sertifikat Remote Pilot Drone

“Ada sebanyak 43 peserta yang mengikuti sertifikasi remote pilot pada kegiatan tersebut,” kata Agus, saat ditemui di Makodim Depok, Selasa (13/04).

Diantaranya, dari BAIS TNI sebanyak 23 orang, KLHK 9 orang, BPBD Aceh, serta dari instansi K/L, BUMN/BUMS dan Komunitas/Klub Drone binaan FASI Jabar, Jakarta dan Banten.

Menurut Agus, pada Sertifikasi Basic Remote Pilot FASI tersebut mengajarkan 12 Aeronautical Knowledge wajib CASR 107, disamping tehnik, prosedur, trouble shooting dan perijinan terbang. Kegiatan ini melibatkan pengajar dari LPPNI Airnav Pusat.

“Alhamdulillah, mimpi menjadi pilot jadi kenyataan juga, mesti hanya Pilot Drone. Pastinya, jangan pernah menyerah menggapai cita-cita,” ungkapnya.