TMII Diambil Alih Negara, Fahri: Hargai Jasa Ibu Tien Soeharto

Fahri Hamzah

MONITOR, Jakarta – Pemerintah telah resmi mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita. Dimana, yayasan tersebut didirikan oleh mendiang istri Presiden RI kedua Soeharto, Tien Soeharto, dan kini diisi oleh anak dan keluarganya.

Upaya pengambilalihan ini pun tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2021 yang diteken oleh Presiden Joko Widodo tertanggal 31 Maret. Keputusan itu resmi berlaku pada 1 April 2021.

Terkait upaya pengambilalihan TMII, politikus senior Fahri Hamzah berharap Negara menghargai karya besar yang digagas oleh mendiang Tien Soeharto kala itu.

Mantan Wakil Ketua DPR RI juga berharap pengelolaan TMII tetap berjalan seperti biasa, karena wisata terbesar di Jakarta itu menyimpan memori kolektif bangsa Indonesia yang sangat penting.

“TMII, menurut saya adalah “sedikit dari penjaga memori kolektif bangsa yg penting”. Tetaplah jaga seperti itu dan ibu Tien (Siti Hartinah Soeharto) sebagai penggagasnya harusnya mendapatkan penghargaan besar untuk itu,” ujar Fahri Hamzah.

“Hargailah karya besar ini!” tandasnya.