Universitas Muhammadiyah Bandung Gelar DAD Serentak Secara Daring

Panitia Pelaksana Darul Arqam Dasar Universitas Muhammadiyah Bandung

MONITOR, Bandung – Universitas Muhammadiyah Bandung menggelar Darul Arqam Dasar (DAD) angkatan 2019 secara online, Kamis (1/4/2021). DAD merupakan salah satu perkaderan di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah. DAD yang mengusung tema “Optimasi Sinergitas Akademisi Islam, Menyambut Peradaban Berkemajuan” ini dilaksanakan empat hari mulai tanggal 1 hingga 4 April 2021.

Sani Nurohmah, selaku Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung mengatakan, DAD ini dilakukan untuk memberikan dampak nyata kepada Muhammadiyah bahwa hari ini Universitas Muhammadiyah Bandung memiliki kader yang melimpah, sehingga dapat mencetak kader untuk mampu berorganisasi.

“Ini juga menjadi bukti bahwa mahasiswa UMBandung sebagai akademisi Islam mampu memberikan perubahan, solusi, tentang bagaimana kedepan mahasiswa UMBandung dapat memberikan sumbangsih terbaiknya untuk Muhammadiyah, Jawa Barat dan Indonesia,” ujar Sani, yang merangkap sebagai Ketua Pelaksana DAD.

Darul Arqam Dasar ini digelar serentak secara online dari dua fakultas yaitu Saintek dan Sosial Humaniora dengan peserta sebanyak 138 mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Bandung sebagai institusi pendidikan tinggi Muhamadiyah merupakan wadah strategis dalam menyemai kader IMM untuk mewujudkan Islam Berkemajuan. Dengan Tri Kompetensi Dasar IMM, Religiusitas, Intelektualitas, Humanitas, calon kader IMM UM Bandung dapat menampilkan jadi dirinya menjadi cendekia yang berpribadi.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Bandung Prof. Dr. H. Suyatno, M.Pd dalam kuliah umumnya menyatakan bahwa Muhammadiyah membutuhkan kader IMM yang unggul, bersinergitas dan mempunyai kemampuan problem solving atau penyelesaian masalah teknologi mutakhir. Kader IMM yang berpegang teguh dengan Tri Kompetensi Dasar IMM menjadi kekuatan dan modal utama masa depan Kader IMM.

“Kader IMM harus menjadi pelopor dan penentu masa depan Bangsa dan Negara serta Umat. Tidak ada kata terlambat dalam mengawal perkaderan meski pandemi masih berlangsung, kita tetap bisa menggunakan teknologi dengan baik di zaman in,” kata Suyatno.

Selanjutnya, Faisal Amien Prawira selaku Ketua PC IMM Kota Bandung Bidang Organisasi mengatakan bahwa Perkaderan DAD IMM adalah salah satu ajang pembentukan kader pemimpin masa depan. UMBandung adalah kampus kader IMM yang memiliki cita-cita dan harapan yang besar sebagai bagian dari perjuangan untuk terus mengawal mahasiswa sehingga mahasiswa dapat memahami dengan baik tentang peranannya di masyarakat.

“Kader IMM sejatinya harus menjadi kekuatan nilai Islam, ideolog, nilai-nilai budaya universal dan nilai-nilai peradaban bangsa dan dunia yang bersinergitas dan berkomitmen,” terangnya.

Panca Pebriana Hidayah mengatakan bahwa mahasiswa sebagai agen sosial, agen control, agen pembawa perubahan haruslah memiliki pondasi pemikiran yang kokoh, ideologi yang kuat, referensi bacaan pengetahuan yang luas. Dengan kondisi pandemi ini jangan sampai membuat tumpulnya kritikan mahasiswa.

Tak hanya itu, Dr. Hendar Riyadi, M.Ag selaku Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Bandung menyampaikan pesan dalam sambutannya sekaligus membuka acara DAD IMM, beliau mengatakan bahwa mahasiswa adalah bagian penting dari adanya perubahan pola organisasi kemahasiswaan. Mahasiswa UMBandung harus mulai memancarkan keilmuan yang didukung dengan teknologi dan perkembangan zaman.

“Saya mendukung penuh kegiatan kemahasiswaan di UMBandung dengan tetap menerapkan nilai-nilai ke-Islaman dan Ke-Muhammadiyahan,” ucapnya tegas.

Sebagai informasi, pelaksanaan DAD ini berjalan lancar menggunakan media zoom meeting, dan mendatangkan para Instruktur dari berbagai kota salah satunya Ketua Korps Instruktur DPP IMM, Fatmawati, yang merangkap menjadi Master Of Training dan memandu perkaderan DAD UMBandung. Selain itu, banyak pemateri didatangkan dari berbagai pulau dan kota di Indonesia yang merupakan kader-kader terbaik IMM di Indonesia.

Acara ini selesai pada tanggal 4 April 2021 malam ditutup dengan orientasi seluruh instruktur dan panitia, para peserta sangat senang dengan perkaderan ini dan banyak mahasiswa yang ingin bergabung Bersama IMM di UMBandung.