Jumat, 29 Maret, 2024

Sosialisasi Rencana Kepulangan Warga Terdampak Insiden Balongan; Pertamina Siapkan Tes Swab

MONITOR, Indramayu – PT Pertamina (Persero) menggelar sosialisasi rencana kepulangan warga yang terdampak insiden Balongan dari pengungsian ke pemukiman masing-masing. Tahapan tersebut dilakukan setelah pertamina berhasil memadamkan api yang membakar tangki area T-301 Kilang Pertamina Balongan.

Tahapan ini dimulai dengan pelaksanaan sosialisasi kepada sekitar 40 peserta yang terdiri dari Muspika, Kuwu (Kepala desa), tokoh masyarakat, pengurus lingkungan (Ketua RW dan RT) serta TNI dan POLRI, bertempat di Ruang Rapat Asisten Daerah II, Pendopo Kabupaten Indramayu pada Senin lalu (5/1).

Sosialisasi akan dilanjutkan kepada warga terdampak di lokasi pengungsian pada hari Rabu (7/1).

Jelang kepulangan warga ke kediaman masing-masing, Pertamina akan menyiapkan swab antigen untuk screening covid-19 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan warga dari pengungsian kembali ke pemukiman dalam keadaan sehat.

- Advertisement -

Dalam kesempatan sosialisasi tersebut, Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya menjelaskan,”Untuk warga dengan hasil Swab negative akan dipulangkan; dan bagi warga dengan hasil swab positif akan diidentifikasi lebih lanjut gejala yang dialami.” Warga dengan gejala (ringan, sedang dan berat) akan langsung dirujuk ke RS Pertamina Balongan atau RS lainnya sedang warga dengan hasil swab positif namun tanpa ada gejala akan diminta melaksanakan isolasi mandiri.

“Dengan pelaksanaan sosialisasi ini diharapkan warga dapat memahami proses dan prosedur kepulangan warga yang saat ini masih mengungsi di GOR Bumi Patra.. Harapan kami, semua warga sehat dan dapat segera berkumpul kembali dengan keluarganya di kediaman masing-masing,” tutup Ifki.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER