Sri Mulyani: Indonesia Perlu Perbaiki Iklim Investasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

MONITOR, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan Indonesia agar mampu menjadi negara yang memiliki inovasi dan produktivitas tinggi, maka harus didukung oleh infrastruktur yang memadai.

Selain itu, Sri Mulyani menambahkan perlu adanya SDM yang berkualitas, perkembangan teknologi, birokrasi pemerintah yang efisien, tata ruang wilayah dengan sistem integratif, dan sumber daya ekonomi dan keuangan, yakni APBN yang sehat.

“Untuk memenuhi itu semua, dibutuhkan kerja keras dan disiplin yang ketat, karena risikonya tidak main-main, Indonesia dapat terjebak sebagai negara berpendapatan menengah,” kata Sri Mulyani, belum lama ini.

Menurutnya, reformasi struktural serta transformasi ekonomi harus dilakukan. Mulai dari penyederhanaan birokrasi, maka transformasi ekonomi akan terbentuk. Salah satunya melalui upaya perbaikan iklim investasi.

“Dari investasi, infrastruktur dapat dibangun tanpa membebani APBN,” terangnya.

Ia menambahkan, saat ini pemerintah melalui berbagai inovasi insentif fiskal akan memberikan dukungan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.