Jumat, 19 April, 2024

Kementan bersama Kostraling dan Mitra Sepakat Serap 1.500 ton Gabah di Pesisir Barat

MONITOR, Pesisir Barat – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Tim Terpadu Gerakkan Serap Gabah Petani (GSGP) bersama Perum BULOG dan Kostraling telah membuat kesepakatan kesanggupan menyerap gabah/beras Provinsi Lampung. Seluruh gabah sisa panen Maret dan April 2021 diserap BULOG dengan harga yang menguntungkan petani.

Penanggungjawab Gerakan Serap Gabah Petani Provinsi Lampung, Direktrorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan yang juga Direktur Perlindungan Tanaman Pangan, Mohammad Takdir Mulyadi mengutarakan agar BULOG dapat menyelamatkan panen untuk mengisi cadangan pangan pemerintah dan membantu petani dalam menstabilkan harga gabah saat panen raya, melalui mitra BULOG.

Hal ini pun diatur secara serius dengan surat Menteri Pertanian Nomor 28/TP.100/M/03/2021 untuk serap gabah petani saat panen raya padi agar harga gabah/beras petani tidak anjlok.

“Setelah kesepakatan Mitra BULOG diharapkan sudah mulai bergerak menyerap gabah sesuai ketentuan. Selain itu Agar Poktan/Gapoktan memaksimalkan bantuan pemerintah, seperti Dryer untuk meningkatkan kualitas gabah,” kata Takdir dalam acara Rakor Serapan Gabah di Pesisir Barat.

- Advertisement -

Dalam acara yang sama, Kepala Kantor Perum BULOG Cabang Lampung Utara Darul Lim Octo menyatakan komitmen BULOG untuk menyerap semaksimal mungkin gabah petani di musim rendeng ini.

“BULOG Kantor Cabang Lampung Utara siap menyerap gabah Kabupaten Pesisir Barat minimal 1500 ton GKG, sesuai dengan standar HPP Gabah/Beras yang mengatur persyaratan pada Permendag nomor 24 Tahun 2020. Jumlah tersebut bisa bertambah, dengan adanya pergerakan/ pergeseran stok di tingkat provinsi dan nasional,” ujar Octo.

Untuk menambah kapasitas penyerapan gabah di Kabupaten Pesisir Barat, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Pesisir Barat siap mendukung.

“Untuk membantu penyerapan gabah dilakukan pemanfaatan resi Gudang dengan pengelola yang akan dikoordinasikan oleh Dinas Koperindag bersama Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesisir Barat serta Perum BULOG Wilayah Pesisir Barat Kantor Cabang Lampung Utara,” sebut Hasrul Hararap selaku perwakilan Dinas Koperindag Kabupaten Pesisir Barat.

Sementara itu, Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi mengatakan Kementan secara optimal melakukan upaya-upaya penanganan panen dan pasca panen untuk menjaga agar harga gabah/beras petani menguntungkan serta melakukan juga percepatan tanam Musim Tanam-II. Sesuai data BPS, potensi panen pada Maret 2021 seluas 1,63 juta hektar dan April luas 1,67 juta hektar sehingga peran Kostraling bekerja optimal dalam menyerap gabah/beras petani.

“Sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Kostraling kerjanya menjadi BULOG-BULOG kecil. Dengan demikian, upaya serap gabah/beras petani menjadi optimal dan selanjutnya hasil serap dari Kostraling disalurkan ke BULOG. Ini adalah sinergi yang bagus antara Kementan yang didalamnya tergabung Kostraling dengan BULOG,” ujarnya.

“Untuk membantu petani agar menghasilkan gabah/beras berkualitas, Kementan juga memberikan dukungan bantuan berupa alat mesin panen dan pasca panen seperti combine harvester, mesin pengering (dryer) dan mesin penggilingan (RMU). Jadi kami pastikan musim panen raya padi awal tahun 2021 menguntungkan petani dan stok beras terjamin,” imbuh Suwandi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER