Senin, 20 September, 2021

Pemkot Depok Targetkan 100.000 Lubang Biopori Rampung Bulan Depan

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) menargetkan pembuatan 100.000 lubang biopori rampung pada April mendatang. Hal tersebut guna mengantisipasi terjadinya banjir.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Ety Suryahati mengatakan, saat ini pihaknya masih terus melakukan sosialisasi dan mengajak warga membuat lubang biopori di lingkungannya masing-masing.

Menurutnya lubang biopori yang telah dibuat di Kota Depok telah mencapai kurang lebih 3.000 lubang. Jumlah tersebut tersebar di Fasilitas Sosial (Fasos) maupun Fasilitas Umum (Fasum), seperti taman, perkantoran, lingkungan masyarakat dan sebagainya.

“Sudah ada 3000 lubang bipori, tapi kan kita tidak tahu, lubang tersebut masih berfungsi atau sudah tertimbun tanah. Jadi harus disurvei lagi,” katanya, Kamis (25/03).

- Advertisement -

Belum lama ini, lanjut dia, pihaknya juga menghadiri kegiatan pencanangan 200 lubang biopori di bantaran Sungai Ciliwung. Acara tersebut digagas oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Depok.

“Kami juga butuh dukungan dari stakeholder terkait. Acara ini sangat bagus, untuk mendukung tercapainya 100.000 lubang biopori,” kata Ety.

Untuk itu dirinya berharap, pusat perkantoran, pertokoan, swalayan dan seluruh masyarakat di Kota Depok bisa turut memberikan peran dalam menyukseskan program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tersebut. Caranya, dengan membuat lubang biopori di halaman masing-masing.

“Kita akan kejar terus pembuatan lubang biopori ini, sehingga diharapkan, akhir bulan April nanti, jumlah 100.000 lubang bisa terpenuhi,” pungkasnya

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER