Rabu, 1 Desember, 2021

Bamsoet Dukung Gerakan Cinta Zakat yang Dipelopori BAZNAS

MONITOR, Jakarta – Gerakan Cinta Zakat yang diinisiasi oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menuai dukungan oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Bamsoet, demikian sapaannya, menyatakan potensi pengembangan zakat di Indonesia sangat besar sehingga dapat mengentaskan kemiskinan dan berbagai program sosial kemanusiaan sangat besar.

“Global Religious Futures memprediksi pada tahun 2020 lalu penduduk muslim di Indonesia mencapai 229,6 juta jiwa atau 87,2 persen dari total penduduk Indonesia. Tak heran jika potensi pengumpulan dana dari zakat bisa mencapai Rp 300 triliun per tahun,” ujar Bamsoet usai menerima pimpinan Baznas belum lama ini.

Mantan Ketua DPR RI ini menjelaskan, membayarkan zakat sebagaimana tersirat dalam Q.S At-Taubah ayat 103, Q.S Al-Baqarah ayat 43, dan berbagai hadis Rasulullah SAW. Para ulama kemudian merumuskan pembayaran zakat sebesar 2,5 persen dari total penghasilan per bulan yang telah mencapai nishab.

- Advertisement -

Sebagaimana diketahui, para pimpinan BAZNAS yang hadir antara lain Ketua Noor Achmad, Direktur Utama Arifin Purwakananta, dan para pimpinan lainnya antara lain Zainulbahar Noor, Saidah Sakwan, Rizaludin Kurniawan, dan Nur Chamdani.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER