Kamis, 28 Maret, 2024

Puan: DPR Akan Segera Tetapkan Prolegnas Prioritas 2021

MONITOR, Jakarta – DPR akan segera menetapkan sejumlah Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas di tahun 2021 pada masa sidang ini. Hal demikian disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Dikatakan Puan, penetapan Prolegnas ini sangat penting sebagai acuan yang terukur bagi DPR dalam menjalankan fungsi legislasi pada tahun 2021. Ia pun mendorong anggota DPR untuk bersama-sama mengawal pembentukan RUU yang berkualitas.

“Kepada seluruh pimpinan dan anggota komisi/pansus, agar bersama-sama dengan pemerintah dapat menjaga kinerja pembentukan RUU yang berkualitas, meskipun dilakukan pada masa pandemi Covid-19,” kata Puan dalam Pidato Pembukaan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2020-2021 di Ruang Rapat Paripurna DPR RI, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (8/3/2021) kemarin.

Saat ini, kata Puan, terdapat sejumlah isu yang menjadi perhatian masyarakat yang perlu menjadi fokus pengawasan DPR. Beberapa isu tersebut antara lain pelaksanaan vaksin Covid-19, rencana revisi UU ITE, tata kelola Lembaga Pengelola Investasi (LPI), pelaksanaan ibadah Haji 2021, permasalahan asuransi Jiwasraya dan dana investasi Asabri, kebakaran hutan di wilayah Riau dan Kalimantan Barat, serta masuknya Virus Corona B117 ke Indonesia.

- Advertisement -

“Semua harapan rakyat tersebut perlu ditindaklanjuti melalui tugas dan fungsi DPR RI. Melalui kewenangan yang dimiliki DPR, kita ikut memperkuat penanganan pandemi Covid-19, mengawal pelaksanaan vaksin Covid-19, mempercepat pemulihan sosial dan ekonomi rakyat, serta memastikan keberlanjutan pembangunan nasional dan penyelenggaraan pemerintahan negara,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER