Jumat, 29 Maret, 2024

Panglima TNI Ungkap Empat Unsur Petugas yang Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19

“Saat ini telah memasuki jadwal vaksinasi tahap 2 kepada personel TNI-Polri“

MONITOR, Jakarta – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan Vaksinasi Nasional Covid-19 bagi Prajurit TNI dan Anggota Polri di Gedung Warsito Komplek Pakri, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (4/3/2021).

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 2.000 Personel yang terdiri dari 1.000 Prajurit TNI yakni 850 TNI AD, 50 TNI AL dan 100 TNI AU serta 1.000 Anggota Polri mendapatkan vaksinasi Covid-19 dengan jumlah tenaga medis yang bertugas sebanyak 70 orang.

“Saat ini telah memasuki jadwal vaksinasi tahap 2 kepada personel TNI-Polri yang telah dimulai di beberapa tempat sejak tanggal 1 Maret,” ungkapnya.

“Prioritas pertama pada tahap ini adalah para Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga dan Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro dan segera diterjunkan di lapangan untuk melaksanakan tugas-tugas pelayanan masyarakat, sehingga bisa membantu untuk mengawasi bahkan membantu untuk melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat umum,” ujar Hadi melanjutkan.

- Advertisement -

Hadi berharap, setelah melaksanakan vaksinasi ini, bisa langsung diterjunkan di beberapa Puskesmas untuk melaksanakan pressing sebagai tenaga tracer dan di beberapa tempat untuk menegakkan protokol kesehatan.

“Karena setelah divaksin pun tetap kita wajib untuk mengikuti protokol kesehatan tersebut,” katanya.

Menurut Hadi, pelaksanaan vaksinasi bagi Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga dan Bhabhinkamtibmas dilaksanakan selama dua hari dan pelaksanaan vaksinasi seluruh jajaran di Indonesia ini akan selesai pada akhir atau pertengahan Maret 2021.

“TNI juga akan membantu pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat luas seperti halnya pelaksanaan vaksinasi terhadap awak media di Hall Basket Senayan, pedagang pasar di Tanah Abang, guru di Gelanggang Bulungan dan tokoh agama di Masjid Istiqlal beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Hadi juga berharap, program vaksinasi Covid-19 ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat memenuhi target yang diharapkan.

“Dengan demikian target herd immunity akan segera tercapai sehingga pemulihan perekonomian nasional dapat tercapai lebih cepat pula,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER