Jansen Sitindaon: Tanpa SBY, Partai Demokrat Tak Akan Eksis

Ketua DPP Demokrat Jansen Sitindaon (dok: Rmol)

MONITOR, Jakarta – Eksistensi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai sosok berpengaruh di tubuh Partai Demokrat menjadi perbincangan sengit di kalangan internal. Segelintir kader menyebut SBY bukanlah pendiri partai berlambang bintang mercy itu.

Namun persepsi tersebut buru-buru ditepiskan oleh kader Demokrat yang masih solid dibawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Misalnya, Politikus muda Demokrat asal Sumatera Utara, Jansen Sitindaon.

Jansen menyebut figuritas SBY bagi partai Demokrat sangat luar biasa. Buktinya, hal tersebut sangat berpengaruh pada penerimaan publik terhadap eksistensi Demokrat.

“Jika ada yang berkata sejak awal berdiri sampai sekarang Partai Demokrat eksis bukan karena Pak SBY, manusia tak sadar diri itu. Bahwa didalamnya ada kerja keras kita semua kader, iya. Tapi faktor dominan partai ini dipilih orang bahkan jadi pemenang itu jelas, karena figur pak SBY. Berkacalah teman-teman,” tegas Jansen, Senin (1/3/2021).

Bahkan Wasekjen DPP Demokrat ini sering mengingatkan bahwa eksistensi Partai Demokrat di panggung politik Indonesia tak lepas dari figur SBY. Menurutnya, tanpa adanya sosok SBY didalamnya, maka keberadaan Demokrat tidak akan pernah sepopuler saat ini.

“Saya sering berseloroh, ‘tanpa figur Pak SBY didalam Partai Demokrat, jangan-jangan kita semua ini sampai skrg masih berdesakan di bus kota’ Setelah nasib berubah, jadi orang dan menikmati, malah sekarang hilang akal budi dan jadi penghianat. Ingatlah tanpa pak SBY tak akan eksis partai ini,” tandas Jansen mengingatkan.