Jumat, 26 April, 2024

Wagub DKI Ingatkan Cuaca Ekstrem dan Datangnya Banjir

MONITOR, Jakarta – Warga DKI Jakarta diingatkan agar selalu waspada dan siaga selama tanggal 18 hingga 19 Februari. Pasalnya, di tanggal tersebut kemungkinan bakal terjadi cuaca ekstrem dan hujan deras yang terjadi di Pulau Jawa
yang berpotensi menyebabkan banjir.

“Beberapa hari ke depan, cuaca agak ekstrem. Masyarakat diminta selalu waspada, aparat siap siaga, semuanya waspada. Cuaca ini memang harus kita hadapi dengan bijak, tenang, sabar, kita sinergi positif, kolaborasi, itulah tugas kita melakukan pencegahan,” ujar Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Kantor BPBD DKI Jakarta, Kamis (17/6).

Dikatakannya, sumber banjir di Jakarta berasal dari hujan lokal, rob, dan dari hulu. Meski demikian, menurutnya, berdasarkan data yang ada bencana banjir di Jakarta mengalami penurunan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Mulai dari korban jiwa jauh menurun, pengungsi jauh menurun, genangan dan banjir semua menurun, semua adalah kerja sama kita semua antara masyarakat dengan pemerintah.

- Advertisement -

Dalam kunjungan ke BPBD, pihaknya juga memastikan kesiapan pengadaan logistik yang dibutuhkan saat banjir.

“Mulai dari pompa sampai, perahu ban kebutuhan baik pengungsi mulai dari selimut sampai tikar, sampai kebutuhan minum air mineral, susu, bahkan kebutuhan pempers, kebutuhan bayi sudah siap, makanan siap saji juga sudah siap,” pungkasnya.

BMKG sebelumnya mengeluarkan peringatan dini potensi banjir di Pulau Jawa. Seluruh provinsi di Pulau Jawa berstatus siaga banjir akibat hujan lebat yang diprediksi terjadi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER