Idris-Imam Segera Dilantik, Ini Harapan Pelaku UMKM Depok

Mohamad Idris-Imam Budi Hartono. (Istimewa)

MONITOR, Depok – Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono belum lama lagi akan dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Depok periode 2021-2026.

Berbagai harapan diutarakan warga, salah diantaranya yakni Wulandari Fatimah dan Deasy. Kedua wanita yang berprofesi sebagai pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) itu berharap kepemimpinan Idris-Imam bisa lebih peduli terhadap UMKM.

Wulan, yang merupakan pedagang produk kue kering dan pakaian anak itu berharap, ke depan Pemkot Depok dapat memberikan pelatihan-pelatihan atau diskusi cara berjualan secara daring atau online.

Sebab, menurut Wulan, dimasa pandemi Covid-19 saat ini, cara yang paling tepat dan mudah bagi pelaku UMKM memasarkan produk-produk bisnisnya adalah dengan cara online.

“Harapan saya seperti itu. Atau jika memungkinkan buatlah sistem agar sesama pelaku UMKM bisa saling membeli produk yang dipasarkan, sesuai kebutuhan si pembeli (pelaku UMKM lainnya),” kata Wulan kepada MONITOR, Jumat (19/02).

Senada dengan Wulan, Deasy pelaku UMKM lainnya mengatakan, selama pandemi Covid-19 hampir dipastikan usaha yang digelutinya dapat dipastikan terpuruk.

Menurut pedagang pempek ini, sejak pandemi Covid-19 mewabah, terjadi perubahan perilaku warga masyarakat di mana aktivitas lebih banyak dilakukan rumah.

“Sehingga kami harus memasarkan dagangan kami melalui medsos atau online. Itu juga hasilnya tidak maksimal.”

“Jadi, kegiatan berupa pelatihan berjualan secara online yang dikatakan (Wulan) tadi, sangat kami butuhkan. Karena memang ilmu kami masih terbatas dalam hal itu,” ungkapnya.