Pelantikan Walikota Depok Bakal Digelar Online di Balaikota

Mohammad Idris-Imam Budi Hartono, Wali dan Wakil Wali Kota Depok terpilih pada Pilwalkot 2020. (Foto: Boy Rivalino)

MONITOR, Depok – Pejabat (Pj) Seketaris Daerah Kota Depok, Sri Utomo, memastikan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok terpilih, Mohammad Idris-Imam Budi Hartono akan dilakukan secara virtual.

Kepastian tersebut didapat setelah menggelar rapat koordinasi dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

“Nanti Pak Idris dan Pak Imam mengikuti pelantikan di Balai kota atau nanti di mananya, akan kami bahas lebih lanjut. Tapi yang jelas pelantikan akan dilakukan secara virtual,” katanya kepada wartawan, Rabu (17/02).

Sri mengatakan, berdasarkan hasil rapat juga dipastikan pelantikan akan dilaksanakan di akhir Febuari ini. Pelantikan dilakukan bersamaan dengan bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota di 122 kabupaten/kota se Indonesia.

“Termasuk Depok di dalamnya. Itu mengacu pada UU Nomor 10 Tahun 2016 yaitu ruhnya adalah keserentakkan. Pilkada serentak dan pelantikan juga serentak, itu kata Kemendagri. Ini kami sampaikan sesuai hasil rapat yang diundang oleh Kemendagri,” ujarnya.

Dirinya menuturkan, terkait aturan dan detail teknis pelantikan akan disampaikan oleh Kemendagri empat sampai lima hari sebelum pelantikan. Sementara pertimbangan pelantikan yang digelar secara virtual, tak lain untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Nanti ada surat dari Kemendagri, bahwa teknis pelantikan akan dilakukan di ibu kota provinsi secara virtual, tapi wali-wakil wali kota terpilih tetap di daerahnya masing-masing,” pungkasnya.