DAERAH

Tunggakan Insentif Nakes di Mukomuko Capai Rp124 juta

MONITOR, Mukomuko – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko mencatat, tunggakan pembayaran uang insentif tenaga kesehatan (nakes) di bawah naungannya dan 17 puskesmas terhitung sejak September hingga Desember 2020 mencapai sekitar Rp124 juta.

“Kami telah menyiapkan data insentif nakes di 17 puskesmas dan Dinas Kesehatan yang bulan September hingga Desember 2020 sebesar Rp124 juta, selanjutnya kami belum menerima data insentif nakes RSUD,” ungkap Sekretaris Dinkes Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, dalam keterangannya di Mukomuko, Bengkulu, Sabtu (13/2/2021).

Kabupaten Mukomuko tahun ini mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp2,1 miliar dari Pemerintah Pusat untuk membayar insentif nakes di puskesmas, Dinkesa dan RSUD yang menangani Covid-19.

Bustam mengatakan, DAK sebesar itu untuk membayar tunggakan insentif bagi nakes yang menangani Covid-19 terhitung mulai dari September-Desember 2020 dan 2021.

“Ada surat dari Kementerian Kesehatan, kalau pun ada tunggakan insentif nakes yang belum dibayarkan tahun sebelumnya yang bisa dibayarkan terhitung bulan September hingga Desember 2020,” katanya.

Selanjutnya, menurut Bustam, pihaknya memasukkan data tunggakan insentif itu kepada Inspektorat Wilayah Kabupaten Mukomuko.

“Kami sudah siapkan data tunggakan insentif untuk nakes di puskesmas dan Dinkes, selanjutnya memasukkan ke inspektorat untuk diverifikasi, tetapi kami menunggu data tunggakan insentif untuk nakes di RSUD,” ujarnya.

Bustam menamabahkan, Dinkes telah meminta pihak RSUD menyampaikan data tunggakan insentif untuk nakesnya agar data itu segera disampaikan kepada inspektorat untuk diverifikasi, lalu hasil verifikasi disampaikan ke pemerintah pusat untuk mendapatkan rekomendasi pencairan dana insentifnya.

Recent Posts

DPR Dorong Agar Kuota Haji Indonesia Bertambah

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang menyatakan pihaknya sedang berupaya…

8 jam yang lalu

Berbondong-bondong, 199 Warga Penggarap Lahan UIII Terima Santunan

MONITOR, Depok- Sebanyak 199 warga dari 278 bidang lahan atas nama Kementerian Agama berkumpul untuk…

10 jam yang lalu

Haji 2024, Ada 554 Kloter Jemaah dengan Tiga Bandara Layani Fasttrack

MONITOR, Jakarta - Pada penyelengaraan ibadah haji 1445 H/2024 M, Indonesia akan memberangkatkan 241.000 jemaah.…

11 jam yang lalu

Lantik PAW Anggota MPR, Bamsoet Ajak Seluruh Elemen Bangsa Perkuat Persatuan Indonesia

MONITOR, Jakarta - Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengingatkan…

12 jam yang lalu

Gelar Temu Bisnis, Kemenperin Jodohkan IKM Pangan dan Furnitur dengan Ritel

MONITOR, Jakarta - Upaya Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong kemandirian Industri Kecil Menengah (IKM) salah satunya…

13 jam yang lalu

DPR Dukung Satgas Pemberantasan Judi Online Libatkan Kementerian dan Lembaga

MONITOR, Jakarta - Komisi III DPR RI mengapresiasi rencana Presiden Jokowi yang akan membentuk Satuan…

16 jam yang lalu