Ruang Isolasi Pasien Covid-19 Nyaris Penuh, Dinkes Depok: Ayo Patuhi Prokes

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita. (Foto: Boy Rivalino)

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) meminta warga masyarakat untuk terus menjalankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 secara ketat, guna mencegah peneluran.

Pasalnya, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita, ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU di Rumah Sakit (RS) rujukan pasien Covid-19 nyaris sudah penuh atau overload.

“Untuk warga masyarakat, agar terus menerapkan Prokes (Covid-19) seperti yang dianjurkan oleh pemerintah. Karena, saat ini ketersedian tempat tidur isolasi maupun tempat tidur ICU, sudah hampir penuh,” katanya kepada MONITOR, Jumat (22/01).

Novarita menjelaskan, berdasarkan data per 21 Januari 2021, kapasitas tempat tidur isolasi sudah terisi sebanyak 90,69 persen. Adapun kapasitas tersedia di 24 Rumah Sakit (RS) sebanyak 763 tempat tidur dan sudah terisi 692 tempat tidur.

Sedangkan, lanjut dia, untuk kapasitas tempat tidur ICU sudah terisi sebanyak 90,00 persen. Untuk kapasitas tersedia sebanyak 80 tempat tidur dan sudah terisi 72 tempat tidur.

“Untuk itu, mari sama-sama kita putus penyebaran Covid-19 ini dengan terus menerapkan protokol kesehatan. Jika tidak ada keperluan mendesak, kita tetap berada di rumah,” pungkasnya.