Jumat, 29 Maret, 2024

Komjen Listyo: Tak Boleh Lagi Ada Hukum Tajam ke Bawah Tapi Tumpul ke Atas

“Tidak boleh lagi ada kasus Nenek Minah yang mencuri kakao kemudian diproses hukum”

MONITOR, Jakarta – Calon Kapolri yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan perbaikan, salah satunya terkait penegakan hukum yang tidak tebang pilih.

Hal itu disampaikan Listyo saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi III DPR RI, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Listyo mengakui bahwa selama ini Polri menerima sejumlah masukan, kritikan dan harapan tentang mewujudkan rasa keadilan.

“Sebagai contoh ke depan, tidak boleh lagi ada hukum hanya tajam ke bawah tapi tumpul ke atas. Tidak boleh lagi ada kasus Nenek Minah yang mencuri kakao kemudian diproses hukum karena hanya untuk mewujudkan kepastian hukum,” ungkapnya.

- Advertisement -

Listyo juga menyinggung soal ada kasus anak yang mempolisikan ibu kandungnya sendiri. Listyo memastikan kasus tersebut tak boleh terulang.

“Hal-hal seperti ini tentunya ke depan tidak boleh lagi ataupun tentunya kasus-kasus lain yang mengusik rasa keadilan masyarakat,” ujarnya.

Listyo pun menegaskan bahwa penegakan hukum Polri ke depannya akan dilakukan secara tegas namun tetap bersifat humanis.

“Di saat ini masyarakat memerlukan penegakan hukum yang memberikan rasa keadilan bagi masyarakat bukan penegakan hukum dalam rangka untuk kepastian hukum,” katanya.

“Maka dari itu dalam kepemimpinan saya nantinya akan menjadi fokus utama yang akan diperbaiki sehingga mampu merubah wajah Polri menjadi Polri yang memenuhi harapan masyarakat, Polri yang memenuhi harapan rakyat dengan berorientasi dengan kepentingan masyarakat, berbasis pada hukum yang berkeadilan dan menghormati hak asasi manusia, serta mengawal proses demokrasi,” ungkap Listyo menambahkan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER