Kamis, 18 April, 2024

Komjen Listyo Janji Benahi Sistem Tilang

Komjen Listyo akan menerapkan sistem tilang elektronik alias ETLE

MONITOR, Jakarta – Calon Kapolri yang saat ini menjabat Kabareskrim, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, mengaku akan memperbaiki mekanisme tilang menjadi serba elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“Khusus di bidang lalu lintas secara bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau ETLE,” ujarnya saat memaparkan visi dan misi dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai Calon Kapolri di Komisi III DPR RI, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Listyo mengungkapkan bahwa hal itu bertujuan menghindari adanya perilaku menyimpang dari Anggota Polri ketika menjalankan tugasnya di lapangan.

“Bertujuan untuk mengurangi proses penilangan guna menghindari penyimpangan saat anggota melaksanakan proses tersebut,” ungkapnya.

- Advertisement -

Listyo berharap, penerapan sistem ETLE secara merata untuk mengatur lalu lintas. Menurut Listyo, ke depan tidak ada lagi penilangan secara langsung di jalanan oleh anggota kepolisian.

“Jadi ke depan saya harapkan anggota lalu lintas turun di lapangan, mengatur lalu lintas tidak perlu melakukan tilang. Kita harapkan menjadi ikon perubahan perilaku Polri,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER