Mahfud MD: Nama calon kapolri yang beredar masih tebak-tebak buah nangka

Menko Polhukam, Mahfud MD (twitter @mohmafudmd)

MONITOR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan bahwa nama-nama yang beredar di media terkait dengan calon kapolri merupakan spekulasi. Menurutnya, presiden Joko Widodo saat ini┬ámasih mempertimbangkan sosok yang tepat menggantikan Idham Azis.

Mahfud memastikan jika hingga kini Presiden Jokowi masih belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR.

“Nama calon Kapolri yg beredar di media skrng msh tebak2 buah nangka alias spekulasi. Smpai saat ini Presiden blm mengirim nama calon Kapolri ke DPR. Blm ada yg tahu siapa calon Kapolri kita sebab Presiden msh trs mempertimbangkan scr seksama siapa yg paling tepat utk jabatan tsb,” tulis Mahfud melalui akun twitter pribadinya @mohmahfudmd, Selasa (12/1/2021).

Mahfud menambahkan bahwa Cara khas yg sering dilakukan Presiden dalam memilih pejabat adalah antara lain meminta dibuatkan 5 draf surat pengusulan yang berisi nama-nama yang berbeda.

“Pada saat yang tepat beliau tandatangani salah satu sedang draf surat yang tidak ditandatangani dimusnahkan. Jadi tak ada yang tahu kecuali setelah diumumkan secara resmi,” terangnya.

Sebelumnya, salah satu sosok yang menjadi pemberitaan media adalah Kepala Bareskrim Polri saat ini yakni Komjen Listyo Sigit Prabowo yang disebut-sebut bakal menjadi calon tunggal Kapolri yang diserahkan Istana ke DPR.